Pemahaman Konsep-Konsep pada Materi Tumbuhan Akibat Pembelajaran Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan pemahaman konsep siswa kategori kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest tanpa kelas kontrol, yakni: one group pretest-posttest design dengan dua kelas sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas X1 dan X3 SMA Negeri Benlutu sebanyak 37 orang. Data yang dikumpulkan berupa skor pretest, skor posttest dan data observasi. Analisis data menggunakan teknik multivariate analysis of variance (manova) dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc yang menunjukkan hasil pemahaman konsep siswa sebelum mendapatkan perlakukan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia perbedaan signifikan pada ketiga kelompok kategori kemampuan awal siswa; setelah mendapatkan perlakuan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep pada siswa kelompok kategori kemampuan awal tinggi, sedang maupun kategori rendah. Enam fase sintak metode inkuiri dengan bimbingan guru, multimedia pembelajaran dan lembar diskusi, memberikan dukungan kepada siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep materi tumbuhan. Metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dari kemampuan awal rendah.
This study is aimed at examining the difference of the students’ understanding based on the basic level which is categorized as high, medium and low before and after getting the treatment through guided inquiry method using multimedia. This study used quantitative approach with experiment. This study used pretest-posttest design without control class (group) in which one group pretest-posttest design by using two classes sample. The sample used is grade X1 and X3 which consist of 37 students in Benlutu Senior High School. The data gathered are in the form of pretest score, posttest score and observation. The data is analyzed by using multivariate analysis of variance (manova) technique and then continued by using post hoc test which show the result of students’ understanding before getting treatment though guided inquiry method using multimedia. There is no significant difference between on the students’ understanding which are high, medium and low after getting treatment through guided inquiry method using multimedia. Six phases of inquiry method by teacher’s guidance, discussion sheet and multimedia learning can give support to the students to improve the understanding on the materials about plant. This method (guided inquiry method using multimedia) can improve students’ understanding.