The Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Science Pocket Book untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Terhadap Sains
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model PBL berbantuan Science Pocket Book untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan siswa sikap terhadap sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, lembar angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji N-gain kemampuan kognitif kelas eksperimen sebesar 0,49 termasuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,26 termasuk dalam kategori rendah. Peningkatan kemampuan kognitif dan sikap terhadap sains menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Kemampuan kognitif menunjukkan angka koefisien korelasi 0,78 dan hasil analisis dari observasi sikap terhadap sains juga menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,72 untuk data angket dan 0,76 untuk data observasi yang berarti bahwa adanya hubungan yang kuat antara model PBL berbantuan science pocket book dengan kemampuan kognitif dan sikap terhadap sains . Hasil analisis uji determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh model PBL berbantuan science pocket book menujukkan bahwa kontribusi terhadap kemampuan kognitif sebesar 68,89% dan sikap terhadap sains 51,84 untuk data angket dan 57,76% untuk data observasi. Dapat disimpulan bahwa model PBL berbantuan science pocket book pada materi zat aditif makanan berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan sikap terhadap sains.
The purpose of this study to determine the effect of learning model PBL assisted Science Pocket Book to improve student’s cognitive aspect dan attitudes toward student science. This research is an experimental research with Nonequivalent Control Group Design design. Sampling was done by purposive sampling, class VIII B as experiment class while class VIII A as control class. Data were collected using observation sheet, questionnaire, and test. The N-gain test of attitudes toward science of the experimental class of 0.32 is included in the medium category and the control class of 0.21 is included in the low category. The influence of PBL model in the media science pocket book on cognitive ability is seen from biserial correlation analysis 0.78 and result of analysis attitude questionnaire to science also shows the value of correlation coefficient obtained is r = 0.72 for questionnaire and 0.76 for observation which means that there is influence or a strong relationship. The result of determination test analysis to know the influence of PBL model with the help of science pocket book showed that on cognitive ability equal to 68.89% and attitude toward science 51.84% for questionnaire and 57.76 for observation. It can be concluded that PBL assisted science pocket book on food additiveves positive influences students’ cognitive ability and attitude toward science.