Abstract

Pembelajaran biologi pada materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Magelang masih berpusat pada guru yaitu menggunakan metode  ceramah, proses sain belum banyak dikembangkan dalam proses pembelajaran. Perlu  dikembangkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu Group Investigation (GI) strategi Jelajah Alam Sekitar (JAS). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran Kingdom Plantae dengan metode GI menggunakan strategi JAS yang valid atau layak menurut pakar dan dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas X SMA Negeri 1 Magelang. Hasil penelitian berupa model pembelajaran biologi dengan metode GI  menggunakan strategi JAS terimplementasi dalam silabus, RPP, LKPD, Bahan ajar, dan alat evaluasi (tes). Pada silabus maupun RPP khususnya pada kegiatan  pembelajaran berisikan langkah-langkah sesuai dengan metode GI, sedangkan di LKPD pada cara kerja sesuai dengan serategi JAS.  Langkah-langkahnya adalah : a) peserta didik memilih sub-subtopik, b) membentuk kelompok-kelompok kecil yang masing-masing beranggotakan 2-6 peserta didik, c) merencanakan prosedur, tugas, dan tujuan belajar sesuai dengan sub topik yang dipilih, d) Melaksanakan rencana yang sudah dibuat dengan diskusi kelompok membahas sub-sub topik serta mengkaitkan  dengan alam disekitar secara langsung, e) Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik.

 

Biology learning on the material Kingdom Plantae at SMAN 1 Magelang is still teacher-centered method. The scientific process has not been developed in learning process. It needs to develop models of student-centered learning, namely “Group Investigation†(GI) using “Jelajah Alam Sekitar†(JAS) strategy The  purpose is produce a learning model of Kingdom Plantae using the GI method through a “JAS† strategy according to experts and improve the students learning outcomes. The subjects research the students of grade X of SMA Negeri 1 Magelang. The results is  in the form of biological learning model with method of Group Investigation (GI) using the JAS strategies implemented in the syllabus, lesson plans, learners work sheets, teaching materials, and evaluation tools (tests). Syllabus and lesson plan especially on learning activities contains some steps accordance with the GI method, whereas in the learners work sheet on how to work in accordance with JAS strategy. The steps are: a) students choose a sub-subtopics, b) form small groups, each consisting of 2-6 students, c) plan procedures, tasks, and learning objectives in accordance with selected sub-topic, d) to discuss subtopics as well as linking with surrounding nature directly, e) present results of the group discussions using media learning.