CAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN REDOKS BILINGUAL MELALUI PENDEKATAN SETS BERORIENTASI CET DENGAN CD INTERAKTIF DI R-SMA-BI JEPARA
Abstract
SMAN 1 Jepara yang telah ditetapkan sebagai sekolah RSBI, menghadapi berbagai masalah pembelajaran akibat penggunaan bahasa bilingual Indonesia-Inggris. Dari kenyataan tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran redoks bilingual melalui pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berorientasi CET (Chemo-Edutainment) dengan CD interaktif, dengan tujuan perangkat yang dikembangkan efektif meningkatkan capaian kompetensi belajar siswa, serta rumusan masalah seberapa besar tingkat kevalidan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran redoks di kelas X SMAN 1 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian R & D, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 1 Jepara. Sampling dilakukan dengan simple cluster random sampling terpilih 4 kelas sebagai sampel penelitian, dengan perlakuan bilingual-SETS-CET, bilingual-CET, bilingual-SETS dan X-9 bilingual. Dari uji beda diperoleh hasil capaian kompetensi untuk kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran bilingual-SETS-CET lebih baik dibandingkan kelas lainnya dengan rata-rata 71 dan N-gain 0,5. Ketuntasan klasikal belum mencapai nilai 75 pada semua kelas. Pada keempat kelas eksperimen tidak ada beda rerata kreativitas maupun aktivitasnya. Rerata skor respons siswa pada kelas bilingual-SETS-CET berbeda dengan ketiga kelas lainnya dan skor respons siswa pada kelas ini sebesar 81%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan perangkat pembelajaran redoks bilingual-SETS-CET paling efektif dibanding ketiga kelas lainnya.
SMAN 1 Jepara which has been included to RSBI, is facing some problems in giving learning through bilingual Indonesia-Inggris. From the reason, the researcher tries to develop bilingual redoks learning instrument using SETS approach (Science, Environment, Technology, Society) oriented to CET (Chemo-Edutainment) with interactive CD that is aimed to develop students’ competence effectively, also to prve the validity and effectiveness of learning instrument to increase the result of redoks learning at X grade SMAN 1 Jepara. This research is a R & D research, with whole students of X grade SMAN 1 Jepara as population. The sample is done by doing simple cluster random sampling which choosing 4 classes as samples, with bilingual-SETS-CET, bilingual-CET, bilingual-SETS dan X-9 bilingual treatment. From difference test it is gained bilingual-SETS-CET is better than another class with the scores 71 for N-gain 0,5. Minimum standard which is 75 hasn’t been achieved by all classes. In those four experiment classes there’s no different average of the creativity and activity The average scores of students’ response in bilingual-SETS-CET is different with other classes and 81% is the average of all classes. From the result it can be concluded that redoks learning bilingual-SETS-CET is the most effective of the three activities