Abstract

Pengamatan proses belajar mengajar di lapangan menunjukkan bahwa guru dalam mengajarkan konsep dan teori kimia melalui kegiatan yang hanya perpusat pada guru, siswa tidak dilibatkan dalam kegiatan secara aktif dan kurang membuka kesempatan untuk mengembangkan proses berpikir siswa. Model pembelajaran advance organizer digunakan untuk memberdayakan seluruh potensi siswa yang diperlukan untuk mengikuti pelajaran selanjutnya, namun keefektifannya dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar belum pernah diteliti. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan test tertulis tentang hasil belajar siswa, observasi untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas, angket yang dirancang berisi tanggapan siswa terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran advance organizer dan wawancara untuk mengetahui tanggapan guru terhadap penggunaan pembelajaran advance organizer. Kesahihan data diuji dengan uji normalitas dan homogenitas sampel, uji beda dua rerata menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar kelas eksperimen memiliki rerata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari KKM yaitu 79,05 sedangkan hasil belajar kelas kontrol dibawah KKM yaitu 68,52. Hasil data angket yang diperoleh menunjukkan hampir 90% siswa menyukai model pembelajaran advance organizer.



The observation of teaching and learning process shows that teachers in teaching concept and theory of the chemistry is teacher centered, Students are not involved in the process and rare opportunity to develop students’ critical thought. Advance organizer model is used to optimize students’ potency for the next lesson. However, its effectiveness hasn’t been observed before. The data are collected by doing writing test about the study of the students, the observation is aimed to find out teacher skills in managing the class, The questionnaire is for the response of the students after applying advance organizer and interview reveal teachers’ response after using advance organizer. The validity is examined by doing normality test and homogeneity sampling with two average different test using Mann-Whitney test. The result shows that the learning development which is observed in the research can increase affective aspects and also the result. The result in experiment class is bigger than minimum standard, that is 79,05 whereas in control class is only got 68,52. The result also shows almost 905 students enjoy advance organizer learning.