Abstract

Lesson Study adalah model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson study dilaksanakan dengan tahap-tahap Plan, do dan see. Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran pembelajaran konsep metabolisme pada organisme siswa kelas XII dan seberapa efektivitasnya?. Efektivitas perangkat yang digunakan ditandai dengan peningkatan kompetensi pedogogik, sosial, kepribadian dan profesiona guru dan aktivitas siswa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran konsep metabolisme pada organisme siswa kelas XII melalui lesson study. Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan lesson study pada pembelajaran biologi sebagai upaya pengembangan kompetensi guru, mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi melalui pelaksanaan lesson study dan mengembangkan panduan pelaksanaan kegiatan lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah dalam Lesson study, yaitu Plan, do dan see. Penelitian dilaksanakan di SMA 16 Semarang, dengan ujicoba di kelas XII IPA 2 danb Uji coba 2 di kelas XII IPA1. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas perangkat yang dihasilkan ditandai dengan peningkatan kompetensi pegagogik , sosial, kepribadian dan profesional guru serta aktivitas siswa. Respon siswa menunjuk rasa senang terhadap proses pembelajaran. Respon guru juga merasa senang dengan pelaksanaan lesson study karena dapat mengkaji pembelajaran dan dapat berinteraksi dengan rekan guru yang lain, kepala sekolah, pakar dan peserta lesson study untuk mengembangkan pembelajaran. Disarankan untuk mengembangkan perangkat-perangkat dan model–model pembelajaran biologi inovatif untuk meningkatkan minat siswa mempelajari biologi dengan nilai kepercayaan yang lebih baik.

 

Lesson Study is a model for development of profession for the teachers through the examination of learning collaboratively and continuously based on collegiality and mutual learning to build community learning. Lesson study is run by doing Planning, doing and seeing. The problem is how to develop learning device with metabolism grade and how far its effectiveness. The effectiveness is marked by the improvement of pedagogic competence, social, individual, teacher professionalism and students activity. This research is aimed to develop metabolism learning device for XII grade through lesson study. The particular purpose of this research is to describe the lesson study in biology as a teacher competence development, device learning development through lesson study and developing the guidance for lesson study. This research is the development using Lesson study steps, Plan, do and see. The research is held in SMA N 16 Semarang, first experiment is in XII IPA 2 and second experiment is in XII IPA1. The result shows the effectiveness of device which is produced and marked by the improvement of pedagogic competence, social, individual, teacher professionalism, and students’ activity. Students’ response shows pleasure in learning process. Teacher’s response also shows a pleasure to lesson study because it observes learning and interact with another teacher, head master, expert and members of lesson study to develop the learning. It is suggested to develop innovative biology devices and models to increase students’ interest in learning biology with a better.