Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil LKS fisika model inferensi logika berpikir Hypothetical-deductive. LKS ini mempunyai tiga unsur pokok yaitu: (1) kegiatan sains Hypothetical-deductive; (2) konsep fisika yang esensial dan informasi yang menarik, (3) soal-soal fisika yang disusun dalam bentuk permainan seperti Square, soal cerita menarik minat siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang pengujiannya menggunakan N-Gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir Hypothetical-deductive, aktivitas dan motivasi belajar siswa. Dari hasil pengembangan dan penerapan produk diperoleh: (1) LKS fisika model inferensi logika Hypothetical-deductive mempunyai karakteristik yang terdiri atas kegiatan sains Hypothetical-duductive, konsep fisika yang esensial dan informasi yang menarik, soal-soal fisika berupa Square, soal cerita menarik; (2) LKS ini berkualitas yang baik yang terlihat dari  kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKS; (3) LKS fisika ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir Hypothetical-deductive siswa dengan peningkatan N-Gain dari 200 menjadi 403 sebesar 0.725 (kategori “tinggi”) dan uji-t signifikansi sebesar -4.954 sehingga  t hitung > t tabel, akibatnya  H0 ditolak dan Hi diterima; (4) LKS ini dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Peningkatan keberhasilan aktivitas belajar siswa N-Gain 0,45 dari 73,89% menjadi 85,42% dalam ketegori “sedang”, dan peningkatan keberhasilan motivasi N-Gain 0,31 dari 80.72%menjadi 86.51% dalam kategori “sedang”.

Abstract

The purpose of this research is to get the profile of physics student worksheet inference logic thinking Hypothetical-deductive model. This student worksheet has three main substance: (1) Hypothetical-deductive science activity; (2) physics concept and interesting information; (3) physics tests which is arranged in the form of games such as square, and story test that attract students interest. The method is R&D which using the N-Gain test and t-test to know the improvement of thinking Hypothetical-deductive ability, students learning activity, and motivation. Based on the result the development and application of physics student worksheet, it obtained: (1) Physics student worksheet inference logic thinking Hypothetical-deductive model. The characteristics of this student worksheet consists of Hypothetical-deductive science activity, essential subjects for physics concept, interesting tests such as attractive story tests, and square; (2) this student worksheet has good quality, it can be known from the validity, effectiveness, and simplicity of the student worksheet; (3) this physics student worksheet can improve thinking Hypothetical-deductive ability with the improvement of N-Gain from 200 to 403 as 0.725 and t-test significant as -4.954; (4) this student worksheet can improve students learning activity N-Gain 0.45  and motivation N-Gain 0.31.