PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PEMBUATAN MAKANAN DARI LIMBAH CAIR PENGOLAHAN KEDELAI
Abstract
Abstract
The research aims were to examine the effectiveness application of learning devices based bioentrepreneurship processed foods from soybean processing wastewater, and to know effect of learning devices to increase an entrepreneurial interest and attitude. This study used R&D design. The study was conducted in SMA 1 Bojong, school year 2011/2012. The result of the research and development showed that learning devices based bioentrepreneurship valid and usable in environmental damage and pollution matter. It is based on field trials results indicated that the learning devices effectively used in learning activities because completeness of achievement and student learning activities in both experimental class >75%. Student’s entrepreneurial interests achieve 91% and 94%, and student’s entrepreneurial attitudes achieve 82% and 92%. Based on these results it can be concluded that learning devices based bioentrepreneurship effectively applied in learning activities and can increase an entrepreneurial interest and attitude.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran berbasis bioentrepreneurship pembutan makanan dari limbah cair pengolahan kedelai serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran terhadap peningkatan minat dan sikap kewirausahaan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Bojong pada tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis bioentrepreneurship valid dan layak digunakan pada materi kerusakan dan pencemaran lingkungan. Hal ini berdasarkan pada hasil uji coba lapangan yang menunjukkan perangkat pembelajaran ini efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena ketuntasan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada kedua kelas eksperimen >75%. Minat kewirausahaan siswa mencapai 91% dan 94%, dan sikap kewirausahaan siswa mencapai 82% dan 92%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis bioentrepreneurship efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan minat dan sikap kewirausahaan siswa.