Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yangvalid dan efektif pada materi Asam-Basa dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Keterampilan Generik Sains, serta mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaranyang dikembangkan. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dimodifikasi menjadi  tiga tahap yaitu pendefenisian, perancangan, dan pengemangan.Penelitian dilakukan dikelas XI IA SMA N 1 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata skor sebesar 3,63. Perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa dengan perolehan N-Gain sebesar 0,63 dalam kategori sedang. Persentase ketuntasan yang didapat kelas eksperimen sebesar 74,29%. Dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah belum efektif untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat setuju sebesar 65,7% dan setuju sebesar 34,3%

The purposes of this study is to developing valid and effective learning device on Acid-Base materialwith Problem-Based Learning model to enhance Science Generic Skills, to find out the students' responses toward learning which uses Problem-Based Learning device on developed Acid-Base material. The type of development which done is the development of 4-D model (Four D Model) which has been modified. It consists of three phases: define, design, and develop. Test was done to XI IA grade students of SMA Negeri 1 Semarang. The results showed that: The learning devicewhichdeveloped  had very valid criteria with an average score of 3.63. The Problem-Based Learning on developed material Acid-Base could enhance the students’ Science Generic Skills with the acquisition of N-Gain of 0.63 in the medium category.The percentage of completeness which was obtained from experimental class was 74.29 %, Thus, it can be said that the Problem-Based Learning device has not been effective to enhance students' Science Generic Skills. Students responded positively to the learning equipment in developed, in the strongly agree category of 65.7 % and agree category of 34.3 %.