Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul kimia yang baik pada materi termokimia. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi (1) analisis teoretis dan praktis, (2) analisis kebutuhan, (3) penyusunan draf modul I, (4) uji ahli, (5) revisi draf modul I, (6) uji coba perorangan, (7) revisi draf modul II, (8) uji coba lapangan, (9) revisi terakhir draf modul III, dan (10) implementasi produk akhir. Subjek implementasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Lasem tahun pelajaran 2014/2015 dengan desain Posttest Only Control-Group Desaign. Instrumen penelitian ini meliputi: (1) instrumen kebutuhan guru terhadap modul kimia berpendekatan inkuiri terpadu nilai pendidikan karakter; (2) instrumen penilaian/ uji ahli dan siswa terhadap produk modul yang dikembangkan; (3) instrumen soal tes kimia materi termokimia; dan (4) instrumen lembar observasi penanaman nilai karakter siswa. Hasil penelitian pengembangan modul ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan logika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai evaluasi termokimia kelas eksperimen sebesar 73,08 dan kelas kontrol sebesar 64,56 dan dengan signifikansi 0,000 (< 0,05). (2) Modul kimia berpendekatan Inkuiri yang dikembangkan efektif untuk membantu penerapan nilai pendidikan karakter.

This research is aimed at developing devices to produce good chemistry on the thermochemistry. The development procedures used (1) theoretical and practical analysis, (2) need analysis, (3) arrangement for draft of module I, (4) expert test, (5) revision for draft of module I, (6) individual try out, (7) revision for draft of module II, (8) field try out, (9) revision for the last draft of module III, and (10) implementation of the last product. The subject of the implementation in this research is the students of class XI SMAN 1 Lasem by using the design of Post-test Only Control-Group Design. The instruments of this research include: (1) instrument of teacher needs toward the chemistry module by using integrated inquiry of character education; (2) instrument of the assessment/ expert and student test toward the developed module product; (3) instrument of chemistry test on thermochemistry chapter; and (4) instrument of the observation sheet on the students’ character values application. The result of this research shows that (1) there is a difference on the students’ logic between experimental class and control class.(2) The chemistry module with inquiry approach which is developed is effective to help the values application for the character education.