PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TSTS BERBASIS CTL MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran kimia model TSTS berbasis CTL. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D). Desain uji coba True Experimental Design dengan Pretest-postest Control Group Design. Hasil penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan efektif. Valid karena skor kevalidan perangkat pembelajaran dari validator rata-rata 3,33 ≥ 2,51 dan berada pada katagori baik, dimana penilaian validator 1-4. Efektif karena telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu hasil belajar kognitif 84,9 ≥ 75, dimana 75 adalah nilai KKM yang harus dicapai oleh siswa, serta 32 dari 34 siswa telah tuntas belajar. Keterampilan Proses sains siswa kelas eksperimen rata–rata meningkat dari 72,50 menjadi 89,78 dan akhirnya 97,11. Hasil belajar kognitif siswa juga meningkat dari 23,63 menjadi 84,90. Rata-rata hasil belajar psikomotor 88,25. Hasil belajar afektif sebanyak 80% siswa menyatakan respon positif terhadap model pembelajaran TSTS berbasis CTL. Untuk kelas kontrol hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 25,35 menjadi 54,34 dan 1 dari 33 siswa telah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perangkat pada penelitian ini menggunakan soal-soal olimpiade untuk bahan diskusi, maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang pengembangan perangkat ini terhadap peningkatan daya berpikir tingkat tinggi siswa.
This research is aimed the develop a learning device based on chemistry models TSTS CTL. It is the Research and Development using the trial design of True Experimental Design with pretest-posttest control group. It is valid and effective learning as the validity of the scores of learning from the validator 3,33 ≥ 2,51 and considered good category (1-4). It is the effective specified indicators of success the cognitive learning 84,9 ≥ 75,0, where 75,0 is the minimum value of completeness criteria. Meanwhile among 34 students who achieved it are 32. The significant increase of science process skills experimental class students averagely is from 72,50, 89,78 to 97,11. While cognitive learning outcomes of students also increased from 23,63 to 84,90. The psychomotor learning is 88,25. The affective learning is 80% of students expressed a positive response to CTL-based learning model TSTS. For control class students' cognitive learning outcomes increased from 25,35, 54.34. 1 of 33 students has been thoroughly completed. It showed no significant difference between the experimental class and the control class. This study using the Olympics questions for discussion, so it is necessary for further research on the development of these devices to increase the power of high-level thinking.