Abstract

Abstrak

Pembelajaran yang memanfaatkan potensi lokal dan mencerminkan penerapan soft skills masih jarang. Keragamanan potensi lokal dapat dijadikan sebagai laboratorium dan sumber pembelajaran kontekstual. Penelitian bertujuan untuk menerapkan bahan ajar berbasis potensi lokal yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan soft skills siswa. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) diadaptasi dari Borg and gall (2003) yang dikombinasikan dengan Sugiyono (2010). Tahap validasi produk menghasil- kan bahan ajar layak digunakan untuk uji coba penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket performance soft skills, metode observasi kemampuan komunikasi dan keterlaksanaan pembelajaran serta metode wawancara. Hasil penelitian bahwa; Bahan ajar berbasis potensi lokal memberikan informasi potensi yang ada di daerahnya dan dapat dikembangkan menjadi ide kreatif  dalam menumbuhkan  jiwa  berwirausaha; Tanggapan berupa respon siswa sebesar 81% kategori merespon baik, adanya perhatian dan ketertarikan siswa terhadap bahan ajar sehingga mudah dipahami dan mendorong rasa ingin tahu untuk mempelajari fisika;serta terdapat peningkatan dan perbedaan soft skills kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar meningkat sebesar 0,36. Sedangkan koefisien uji t hipotesis related var- ians dengan thit > ttabel (t1=2,07>1,99; t2=4,17>1,99; t3=2,34>1,99; t4=5,34>1,99;). Mem- buktikan bahan ajar fisika SMK berbasis potensi lokal yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan soft skills siswa.

 

Â