ANALISIS POLA BERPIKIR ANALOGI DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP ABSTRAK FISIKA PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Analogi dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dan memahami kon- sep. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola berpikir analogi siswa SMP dalam me- mahami konsep fisika dan mengetahui pengaruh kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola berpikir analogi siswa SMP dalam mema- hami konsep abstrak fisika dan apakah pola berpikir analogi siswa dipengaruhi oleh latar belakang kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode trigulansi. Kegiatan analisis dilakukan dengan tahap pengumpulan data, men- gelompokkan kategori, menjabarkan dan menjelaskan, tahap sintesis, menyusun pola, memilih dan menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian dilakukan dengan cara mengisi lembar angket dan mengisi lembar soal tes yang dapat menimbulkan pola berpikir analogi. Analogi dapat dipengaruhi oleh lingkungan sehari-hari. Terdapat dua pola berpikir analogi pada siswa kelas VII SMP yaitu berpikir analogi induktif dan berpikir analogi deduktif. Pada keluarga petani dan pengawai negeri menggunakan pola berpikir analogi deduktif. Siswa dalam lingkungan keluarga pengusaha dan swasta menggunakan pola berpikir analogi induktif. Ada tiga kemampuan memahami konsep pada siswa kelas VII SMP yaitu kemampuan translasi, interpretasi, dan eksplorasi. Siswa dengan pola berpikir analogi induktif menggunakan kemampuan eksplorasi sedangkan kemampuan translasi dan interpretasi digunakan siswa dengan pola berpikir analogi deduktif.
Abstract
Analogy can be used for helping the problem solution and understanding the concept. The purpose of this research is to know the analogical thinking scheme for junior high school students in under- standing physic concept and to know the impact in daily life. The problems of the reseacrh is how to understand analogical thingking scheme for junior high school student in understanding physics concept, especially abstract physics concepts and do the students analogical thingking scheme be affected by daily life backgruond. This research is qualitative that used a tringulasi method. This analysis use category, spell out and explain, sinthetic phase, scheme-arrangement, select, and con- clude the research result. The result of the research is done by fill the questionnaire and test that can show the various of analogic thinking scheme. The are two analogical thinking scheme for Junior High School, the are inductive analogical and deductive analogical. Deductive analogical thinking is used by farmer family and civil servant family. Inductif analogy thinking is used by private em- ployee family and bussnisman family. Three abilities to understand the concept for students. They are translation, inpretation, and exploration. Inductive analogical thinking is used in exploration method, while deductive analogical thinking is used in translation and interpretation.