Abstract

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  (1)  Mengembangkan  aplikasi  model  peraga  palang pintu kereta api otomatis dalam perangkat pembelajaran bervisi SETS materi getaran dan  gelombang  yang  valid  dan  efektif,  (2)  Mengetahui  peningkatan  psikomotorik siswa melalui aplikasi model peraga palang pintu kereta api otomatis (3) Mengetahui respon siswa terhadap aplikasi model peraga palang pintu kereta api otomatis dalam pengembangan perangkat pembelajaran bervisi SETS materi getaran dan gelombang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AV1 dan AV2 SMK Negeri 3 Tegal berjumlah 70 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan penelitian dilakukan dengan  disain  pretest  posttest  control  group  design.  Data    dikumpulkan  menggunakan angket, wawancara langsung dan observasi, analisa data dilaksanakan secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS 17. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa: (1) Perangkat pembelajaran bervisi SETS materi getaran dan gelombang valid (N=32 untuk α=5%=0,349 yaitu 0,682 > 0,349) (2) Perangkat pembelajaran bervisi SETS materi getaran dan gelombang melalui Aplikasi model peraga palang pintu kereta api otomatis meningkatkan psikomotorik siswa kelas eksperimen dengan kontribusi rata-rata sebesar 82,38 % dalam kategori sangat baik. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran dapat memberikan kontribusi pada kelas eksperimen sebesar 82,38 % lebih baik dari kelas kontrol sebesar 71,80 %.

Abstract

This study aims to :(1) Develop a model viewer application doorstop automatic train in learning the material SETS visionary vibrations and waves are valid and effective, (2) Knowing psychomotor improvement and student learning outcomes,(3) Knowing the students’ response to the application of  the model train display latch automatically in the development of  learning materials SETS visionary vibrations and waves. The subjects were students of class XI AV1 and AV2 SMK Negeri 3 Tegal numbered 70 students . Samples were taken at random cluster sampling technique and design studies were conducted with pretest-posttest control group design.Data were collected using questionnaires, interviews and observations,carried out a quantitative analysis of  the data by using SPSS 17. Based on the results of the descriptive analysis found that: (1) visionary learning tools SETS material with the application of  vibration and wave valid (N=32 for α=5%=0.349 ie 0.682>0.349) (2) visionary learning tools SETS material vibrations and waves through the Application Model train display latch automatically improves psychomotor grade students experiment with an average contribution of  82.38 % in the excellent category.(3) The response of students towards learning can contribute to the experimental class was 82.38 % better than the control class is 71.80 %.