Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1 Ungaran, mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi kreativitas dan berpikir tingkat tinggi pada materi proses fisiologi tumbuhan, dan mengidentifikasi validitas serta efektivitas perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA yang telah digunakan di SMP Negeri 1 Ungaran belum memenuhi kriteria baik dan belum ada perangkat dengan model pembelajaran berbasis masalah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini melalui tahapan pembuatan desain, validasi desain, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Setelah dilakukan revisi pada tiap tahap, dihasilkan produk akhir. Berdasarkan validasi oleh validator, desain perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian memiliki kategori â€baik†sampai dengan â€sangat baik†sehingga perangkat tersebut valid untuk diimplementasikan. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan perangkat pembelajaran dapat diimplementasikan dengan sedikit revisi. Hasil uji coba kelompok besar secara statistik menunjukkan uji ketuntasan kelas eksperimen sama dengan 80 (rerata = 80,14), terdapat perbedaan rerata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta terdapat korelasi yang sangat signifikan antara kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid dan efektif.

Abstract

The research’s aims were to describe the characteristics of  learning material used in SMP N 1 Ungaran,   to develop the problem based learning material with creativity and high order thinking skill oriented on plant’s physiological process, and to identify the validity and  effectiveness  of  the  material  implementation. The  research  type  was  Research  and Development. The research indicated the learning material have been used in SMP N 1 Ungaran was not good to be implemented and there was no problem based learning material. The learning material developed in this research was created in phases designing, validating, small group trying out, and real group trying out. After revision in each phase, the product was produced. Based on the validation, the learning material developed got ’good’ up to’ very good’ criteria, so it was valid to be implemented. Implementation on small group indicated the learning material could be implemented with a little revision. Implementation on the real group indicated the minimal score statistically was 80 (mean = 80.14), there was the difference of  students’ achievement average between experiment and control groups, and there was a significant correlation between students’creativity and achievement. This fact proved that the learning material was valid and effective.