PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI MATERI BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Abstrak
Telah dilakukan penelitian pengembangan konten pembelajaran dan evaluasi materi berbasis web pada mata pelajaran fisika. Model pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi model pengembangan 4D dengan menghilangkan tahap
penyebaran. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi fisika, sedangkan ujicoba skala kecil dilakukan oleh guru fisika dan 10 siswa. Hasil review dari validator menyatakan bahwa kualitas produk pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata persentase penilaian sebesar 83,93%. Validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 75% berada pada ketegori baik dan validasi ahli materi memperoleh hasil sebesar 92,85% berada pada kategori sangat baik. Ujicoba oleh guru fisika memperoleh hasil sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik dan rerata persentase hasil ujicoba
oleh siswa sebesar 90,5% berada pada kategori sangat baik. Produk pengembangan memiliki karakteristik antara lain materi disusun berdasarkan kurikulum 2013, terdapat fasilitas perekam aktifitas dan hasil evaluasi siswa, ada umpan balik hasil evaluasi yang langsung diketahui oleh siswa dan link-link yang terkait dengan materi baik berupa youtube ataupun website pembelajaran lain.
Abstract
Has done reseach that aims to developweb-based learning content and evaluation of physics lesson. Development model used was a modified model of the 4D development by eliminating the dissaminate stage. Validation of development product was done by media expert and physics content expert, then a trial was done by physics teacher and 10 students. The result of a review of the validators states that the quality of development product included in the excellent category with a mean percentage rating was 83.93%. The result of the validation from media expert was 75% in good category and the result of physics content expert validation was 92.85% in excellent category. The result of a trial from physics teacher was 94.44% in excellent category and the result of a trial from students was 90.5% in exellent category. Development product has characteristics such as materials compiled based on curriculum of 2013, there were fasilities for recording activities and students evaluation outcome, there is a feedback evaluation results are immediately known by students, and links related to the materials such as youtube or other learning website.
Telah dilakukan penelitian pengembangan konten pembelajaran dan evaluasi materi berbasis web pada mata pelajaran fisika. Model pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi model pengembangan 4D dengan menghilangkan tahap
penyebaran. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi fisika, sedangkan ujicoba skala kecil dilakukan oleh guru fisika dan 10 siswa. Hasil review dari validator menyatakan bahwa kualitas produk pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata persentase penilaian sebesar 83,93%. Validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 75% berada pada ketegori baik dan validasi ahli materi memperoleh hasil sebesar 92,85% berada pada kategori sangat baik. Ujicoba oleh guru fisika memperoleh hasil sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik dan rerata persentase hasil ujicoba
oleh siswa sebesar 90,5% berada pada kategori sangat baik. Produk pengembangan memiliki karakteristik antara lain materi disusun berdasarkan kurikulum 2013, terdapat fasilitas perekam aktifitas dan hasil evaluasi siswa, ada umpan balik hasil evaluasi yang langsung diketahui oleh siswa dan link-link yang terkait dengan materi baik berupa youtube ataupun website pembelajaran lain.
Abstract
Has done reseach that aims to developweb-based learning content and evaluation of physics lesson. Development model used was a modified model of the 4D development by eliminating the dissaminate stage. Validation of development product was done by media expert and physics content expert, then a trial was done by physics teacher and 10 students. The result of a review of the validators states that the quality of development product included in the excellent category with a mean percentage rating was 83.93%. The result of the validation from media expert was 75% in good category and the result of physics content expert validation was 92.85% in excellent category. The result of a trial from physics teacher was 94.44% in excellent category and the result of a trial from students was 90.5% in exellent category. Development product has characteristics such as materials compiled based on curriculum of 2013, there were fasilities for recording activities and students evaluation outcome, there is a feedback evaluation results are immediately known by students, and links related to the materials such as youtube or other learning website.