Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alat praktikum yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu tahap pengembangan produk dan tahap uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5. Validitas produk merupakan hasil validasi dari dua dosen fisika dan satu guru senior. Data keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis dan tes pemahaman konsep. Hasil menunjukkan bahwa alat praktikum yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis sebesar 65 dan 79 dengan ketuntasan klasikal 36 % dan 87 % berturut-turut setelah menggunakan alat A dan B. Nilai rata-rata siswa yang paham konsep I, II, dan III berturut-turut 54, 46, dan 33 setelah menggunakan alat A, sedangkan 80, 73, dan 56 setelah menggunakan alat B. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa meningkat setelah menggunakan alat B.

 

The purpose of this work is to find experimental tools feasible used in learning to increase critical thinking skills and understanding of concepts’ students. This work was conducted in two phases: phase of product development and product trials. The subject class of the work is X MIA 5. The validity of the product is the result of the validation of two professors of physics and one senior teacher. The data of critical thinking skills and understanding concept students is obtained through the test of critical thinking skills and test understanding of concepts. The results showed that the experiment tools developed is feasible to be used in learning. The average values of critical thinking skills are 65 and 79 with completness classical 36% and 87%  respectively after using tool A and B. The average values of understand the concept of I, II and III respectively 54, 46 and 33 after using the tool A, while 80, 73 and 56 after using the tool B. From the analysis it can be concluded that the critical thinking skills and understanding concept of student can enhance after using the tool B