Abstract

Penelitian ini mengembangkan four-tier diagnostic test untuk mendeskripsikan prototype, menentukan kevalidan, reliabilitas, dan karakteristik butir soal four-tier diagnostic test, serta mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi Optik Geometri. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D). Subjek uji coba adalah siswa kelas XI dan subjek uji lapangan akhir adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Tes diagnostik terdiri atas empat tingkatan, yaitu: pertanyaan dengan satu kunci jawaban dan tiga pengecoh, tingkat keyakinan jawaban, alasan, dan tingkat keyakinan alasan. Instrumen yang dihasilkan terdiri atas kisi-kisi, petunjuk pengerjaan, soal tes, kunci jawaban, lembar jawab, pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Pengujian validitas oleh validator ahli menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid. Reliabilitas tes yang dikembangkan sebesar 0,983. Soal tes terdiri atas tiga butir soal mudah, 43 butir soal sedang, dan lima butir soal sukar. Soal tes memiliki daya pembeda dengan kategori sembilan butir soal diperbaiki, 24 butir soal diterima tetapi perlu diperbaiki, dan 18 butir soal diterima dengan baik. Terdapat 82 temuan miskonsepsi siswa dari 11 sub pokok bahasan pada materi Optik Geometri. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep pemantulan baur. Miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep perbesaran bayangan pada lup.

 

This research developed four-tier diagnostic test. The objective of this research is to describe prototype, determine validity, reliability, and characteristics of four-tier diagnostic test, also to describe profile misconceptions in subject of Geometric Optics. Type of research is Research and Development (R&D). Sample used are students grade X and XI. The method used is documentation, interview, questionnaire, and test. Diagnostic test consist of four tiers. 1st tier is answer tier, 2nd tier is confidence ratings for the answer tier, 3rd tier is reason tier, and 4th tier is confidence ratings for the reason tier. Instruments had been produced consist of test lattice, test instructions, questions, answer key, answer sheet, scoring guidelines, and guidelines of result interpretation. Validation result showed that all instruments are valid. Reliability of test is 0.983. The difficulty level consists of 3 items in simple category, 43 items middle, and 5 items difficult. Distinguishing consist of 9 items in repair category, 24 items acceptable but need to be improved, and 18 items acceptable. There were 82 findings misconceptions in subject of Geometric Optics. Highest misconceptions were found in concept of diffuse reflection. Lowest misconceptions were found in concept of shadow magnifications of loupe.