Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran serta menguji keefektifan dan kepraktisan pembelajaran kontekstual gerak jatuh bebas dengan memanfaatkan kamera digital sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D). Keefektifan produk diuji dengan eksperimen model two-group posttest only. Sampel yang digunakan ialah siswa SMAN 1 Sengah Temila yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 78,96 dengan proporsi ketuntasan 87,5%. Pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan kamera digital dapat dilaksanakan dan memperoleh tanggapan positif dari guru maupun siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid. Pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan kamera digital sebagai media pembelajaran efektif dan praktis untuk membelajarkan materi gerak jatuh bebas.

 

The aims of this research are to develop and analyze validity of learning device, verify effectiveness and practically of Contextual Teaching & Learning (CTL) using digital camera as instructional media. This research is Research & Development (R & D). Effectiveness of product verified by two-group posttest only models. Sample used are students of SMAN 1 Sengah Temila that selected by cluster random sampling technic. Data are obtained from observation, test, interview, and questionnaire. The result of this research are learning device has good criteria. Learning outcomes on experimental class better than control class. Average of learning outcomes on experimental class is 78.96 with percentage of students that got minimum passing grade is 87.50%. CTL can be implemented in accordance with allocation time in lesson plan. Teacher and students give positif respon about learning. Based on description of the result can be concluded that learning devices of free fall motion using digital camera as instructional media are valid. CTL using digital camera are effective and practical to applied in free fall motion teaching learning.