Abstract

Kebiasaan belajar serta lingkungan sekolah yang baik membuat siswa akan merasa nyaman di sekolah. Dengan rasa nyaman siswa akan belajar dengan penuh konsetrasi sehingga siswa akan mudah menerima materi yang disampaikan oleh gurunya dan akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengujii hubungan kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan sampel sebanyak 74 responden yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk variabel kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dan dokumentasi untuk variabel hasil belajar IPS berupa nilai Ulangan Tengah Semester Genap, serta didukung dengan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,709. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.


The good study habits and scool environment can make students feel convort in school. With a sense of comfort students will learn with great concentrations so students will be receptive to material presented by his teacher and will get a good learning outcomes. The purpose of this research, namely to exam the correlations of study habits and school environment with  Sosial Studies learning outcomes students grade V SD Negeri  in Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.  This type of research is correlational research with samples of 74 respondens which was taken using proportional random sampling technique. The technique of collecting data used questionnaire for study habits variable and school environment variable and study document for Sosial Studies learning outcomes variable, that is form second midterm tests , and supported by interview. Analysis of research data using descriptive analysis, simple correlation analysis, and multiple correlation analysis. Result of research indicated that there was correlation positive and sigifican between study habits and  school environment toward Sosial Studies learning outcomes with correlation coefficient equal to 0,709. So, it can be concluded that there was a correlation between study habits and school environment toward Sosial Studies learning outcomes grade V SD Negeri in Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.