PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV MELALUI COPY THE MASTER
Abstract
Menulis adalah keterampilan berbahasa yang digunakam untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menurut Tarigan (1985: 4), kemampuan menulis merupakan ciri bangsa yang terpelajar. Kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kemajuan komunikasi bahasa tulisnya. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan menuliskan ide yang mereka miliki dan guru jarang memberikan contoh karangan yang berkualitas. Perolehan hasil menulis narasi pada tiga kali pembelajaran menulis adalah 50% (11 dari 22 siswa) belum mencapai KKM 61. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan keterampilan menulis narasi dengan menerapkan teknik Copy The Master, yang membantu siswa mengidentifikasi gagasan mereka dengan cara meniru master. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan keterampilan menulis narasi siswa melalui teknik Copy The Master. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan penelitian, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 22 siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase keterampilan guru meningkat, pada siklus I adalah 85% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II menjadi 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, yaitu 83% pada siklus I dengan kategori sangat baik dan 86% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Selain itu, keterampilan siswa dalam menulis narasi meningkat, yaitu 100% dengan kategori sangat baik pada siklus I dan 100% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah teknik Copy The Master dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis narasi. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Writing is a language skill which is used in communicating indirectly. According to Tarigan (1985: 4), writing skill is a feature of a literate nation. Progress of a nation can be measured by its written language progress. The problem of this research were the students’ difficulty in writing down their ideas and the teacher who rarely gave high-quality sample of reading material. The result of three times writing learning activities was 50% (11 of 22 students) had not achieved minimum mastery criteria 61. Therefore, upgrading for writing narration skill was needed by using Copy The Master, which helped students identified their thoughts by copying a master reading. This classroom action research consisted of four stages, they were planning, implementation, observation, and reflection, which were executed in two cycles, each cycle consisted of two times meeting. Subjects of this research were teacher and grade 4 students of SDN Gajahmungkur 02. The results showed that teacher’s skill percentage increased, 85% in cycle I with very good category and 94% in cycle II with very good category. Students’ activities also increased, from 83% cycle I with very good category to 86% in cycle II with very good category. Moreover, students’ skill in writing narrative increased, 100% in cycle I with very good category and also 100% in cycle II with very good category. It can be resumed that Copy The Master can improve teacher’s skill, students’ activities, and students’ skill in writing narrative. Researcher recommend that teachers apply various learning model to increase learning quality.