HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS
Anisa Ratri Cahyani, Sumilah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dan populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo dengan jumlah sampel sebesar 104 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statsistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo dengan nilai rhitung sebesar 0,775 dan rtabel 0,195 dengan nilai signifikansi 0,05. Besarnya kontribusi motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 60 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.
This research aims to examine the relationship of the learning motivation and learning style with learning outcomes Social Science. This research using the method of correlation with the quantitative approach. The subject and the population in this research are all students of class V SDN Cluster Melati Subdistrict Banyuurip Purworejo with sample amount of 104 students. The technique of data collection in this research using question form, test results and documentation. Analytical techniques descriptive data with statsistik, correlation analysis, and regression analysis. The results of showed was correlation positive between learning motivation and learning style with learning outcomes Social Science grade V SDN Cluster Melati Subdistrict Banyuurip Purworejo with rcount value of 0.775 and rtable 0.195 significance value of 0.05. The contribution of learning motivation and learning style with the learning outcomes of Social Science study 60%. From the results it can be concluded that there is a positive relationship between learning motivation and learning style with learning outcomes Social Science grade V SDN Cluster Melati Subdistrict Banyuurip, Purworejo.