Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, efektifitas penggunaan media dan mengetahui perbedaan hasil belajar matematika materi luas daerah bangun datar kelas IV SD Negeri Sampangan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 73% dengan kategori layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media 77% dengan kategori layak. Persentase yang dicapai oleh ahli rencana pelaksanaan pembelajaran mendapat nilai 79,4 dengan kategori layak. Peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil uji skala besar pada pemberian pretest dan posttest dengan perolehan kriteria sedang sebesar 0,32 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa dalam penggunaan media luas daerah bangun datar berbasis adobe flash dalam pembelajaran menunjukan bahwa siswa menjadi lebih aktif. Simpulan penelitian ini yaitu media luas daerah bangun datar berbasis adobe flash dapat meningkatkan hasil belajar, layak dan efektif dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.


This research aimed to develop learning media, assess the feasibility of media, the effectiveness of media, and know the learning outcomes of mathematics subject on two-dimensional figures content in 4th grade of primary School state Sampangan 01 Semarang. The type of this research was Research and Development. The feasibility level of learning media was assessed by the validation experts and used test. The result of this research showed that the percentage obtained from material expert was 73% with a decent category. The percentage achieved by media experts is 77% with a decent category The percentage that was achieved by the lesson planning expert obtained score 79,4 with a decent category. The improvement of learning outcomes seen from large scale test result on the provision of pre-test and post-test obtained average criteria in the amount of 0.32. The two-dimensional figures area media based on Adobe Flash using showed that the students became more active. The conclusion of this research was two-dimensional figures area based on Adobe Flash was feasible and effective to improve the students learning outcomes and activity in the learning process.