Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam ekstrakurikuler seni musik, konsentrasi siswa tunanetra, dan faktor yang mempengaruhi konsentrasi siswa tunanetra dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa Budi Asih Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, catatan kegiatan dan dokumentasi. HasilĀ  penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam ekstrakurikuler seni musik untuk meningkatkan konsentrasi siswa tunanetra termasuk dalamĀ  kategori baik. Sedangkan konsentrasi siswa tunanetra yang tampak yaitu fokus, memberikan perhatian, menghormati orang lain, mengikuti petunjuk guru, berminat dalam mengikuti kegiatan, tidak mudah terusik oleh kegaduhan, dan tidak pelupa. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi siswa tunanetra terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kesehatan jasmani dan minat siswa sedangkan faktor eksternal meliputi kondisi kelas, sarana prasarana, dan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik guru berperan untuk meningkatkan konsentrasi siswa tunanetra di Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa Budi Asih Kota Semarang.


This study aimed to describe the role of teachers in extracurricular music art, concentration of blind students, and factors that influence the concentration of blind students in extracurricular activities at Extraordinary Islamic Primary School Budi Asih in Semarang City. This study used a qualitative approach with data collection techniques used interviews, observation, activity notes and documentation. The outcomes showed that the teachers have a role in extracurricular music art to improve the concentration of blind students in the good category. While the concentration of blind students whose appear was focused, paying attention, respecting others, following the teacher's instructions, having an interest to participate in activities, not easily disturbed by noise, and not forgetful. The factors that influence the concentration of blind students consist of internal factors and external factors. The internal factors include physical health and student interest while the external factors include conditions of class, infrastructure, and parents. Based on the outcomes of the study it can be concluded that in the extracurricular activities of music art the teacher have a role in increasing the concentration of blind students at Extraordinary Islamic Primary School Budi Asih in Semarang City.