Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan  e-modul panduan platform kahoot sebagai media penilaian hasil belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar (SD) pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis research and development (RnD). Subjek penelitian ini adalah guru kelas tinggi dan siswa kelas tinggi SDN 1 Sowan Lor Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui kelayakan e-modul dan keterlaksanaan penggunaan kahoot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul layak digunakan dengan penilaian oleh ahli media sebesar 94%, ahli materi sebesar 92%,  penilaian oleh guru sebesar 92%, dan penilaian oleh siswa sebesar 87%. Keterlaksanaan penggunaan platform kahoot sebagai media dalam pelaksanaan hasil belajar siswa sangat efektif dengan persentase keterlaksanaan dari guru sebesar 93% dan persentase dari siswa sebesar 91%. Simpulan dari penelitian ini adalah e-modul panduan platform kahoot  dinyatakan layak digunakan sebagai media penunjang pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa, dan keterlaksanaan penggunaan platform kahoot sangat efektif.


This research aimed to analyze the effectiveness of the kahoot platform guide e-modul as a medium for assessing student learning outcomes for high school students in elementary school durung the covid-19 pandemic.This research approach is a quantitative approach with research and development (RnD). The subjects of this study were high-class teachers and high school students of SDN 1 Sowan Lor Jepara. Data collection techniques use interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis is conducted to determine the feasibility of e-modules and the implementation of kahoot use. The results showed that e-modules are worth using with assessments by media experts at 94%, material experts at 92%, assessments by teachers at 92%, and assessments by students at 87%. The implementation of the kahoot platform as a medium in the implementation of student learning outcomes is very effective, with the percentage of implementation of teachers by 93% and the percentage of students by 91%. This research concludes that the kahoot platform guidance e-module is declared worthy of use as a supporting medium for implementation student learning outcomes assessment. The use of the kahoot platform is very effective.