Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media buku panduan berbasis elektronik penggunaan apikasi quizizz untuk membantu pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa kelas tinggi SDN Gedanganak 03. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis research and development (RnD). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi, serta angket. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan produk hingga keterlaksanaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku panduan elektronik dinyatakan sangat layak dengan memperoleh peniliaian kelayakan media dan materi sebesar 90%. Penilaian oleh praktisi yaitu guru sebesar 92% dengan tingkat kelayakan sangat layak dan dari siswa sebesar 89% dengan tingkat kelayakan sangat layak. Penialian oleh praktisi juga di lakukan pada keterlaksanaan produk, dari guru menunjukan peresntase sebesar kelas IV sebesar 75% dengan kategori tinggi, kelas V sebesar 98%   dengan kategori sangat tinggi, serta kelas VI sebesar 96% dengan kategori sangat tinggi, dari siswa kelas IV sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi, kelas V sebesar 97% dengan kategori sangat tinggi, serta kelas VI sebesar 94% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu, pengembangan buku panduan elektronik penggunaan aplikasi quizizz sebagai alat penilaian hasil belajar siswa dinyatakan sangat layak dan dapat dilaksanakan di kekas tinggi SDN Gedanganak 03.


This research aims to develop an electronic-based guidebook medium using the Quizizz applications to help implement an assessment of the learning outcomes of the high class of Gedanganak state primary school 03. This research approach is a quantitative approach with a type of research and development ( RnD) using the 4-D Thiagarajan development model. Data collection techniques are carried out by interviews, observations, documentation, and questionnaires. Product feasibility tests carry out data analysis to product implementation. The results showed that electronic media guidebooks were declared feasible by obtaining a 90% interest rate on media and material. The use by practitioners is also carried out in the implementation of the product from the teacher shows a percentage of class IV by 75% with a high category, the class V by 98% with a very high category, and class VI by 96% with a very high category, from a grade IV students by 82% with very high category, class V by 97% with very high category, and the class VI by 94% with a very high category. This research concludes that developing electronic guidebooks using Quizizz applications to assess student learning outcomes is declared very feasibly. It can be implemented in the high-class Gedanganak state primary school 03.