Abstract

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang dilakukan mengenai implementasi penanaman sikap tanggung jawab melalui kegiatan literasi penguatan pendidikan karakter siswa kelas V SD Negeri 1 Cawas yang terletak di Kabupaten Klaten. Pupulasi penelitian ini berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility dan uji confirmability. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang dilakukan: (1) Tahapan dalam membentuk penanaaman sikap tanggung jawab siswa V SD Negeri 1 Cawas diantaranya yaitu; pemberian contoh/ teladan, pembiasaan, dan penguatan; (2) Terdapat beberapa hambatan dalam penelitian diantaranya hambatan dari sekolah, guru dan siswa; (3) Respons penerimaan yang terjadi adalah terdapat peningkatan pengetahuan dan wawasan pada diri siswa. Selain itu, siswa juga memunculkan karakter baik, seperti sikap disipilin, sikap tanggung jawab, dan karakter baik lainnya. Namun, masih terdapat respons penolakan seperti respons siswa yang belum serius atau malas-malasan dalam melakukan kegiatan literasi akan tetapi, masih dominan dengan respons penerimaan karena kegiatan literasi menjadi kegiatan yang wajib maka, kegiatan ini sudah menjadi rutinitas yang disambut
dengan antusias siswa yang bersemangat dalam mengikuti kegiatan literasi penguatan pendidikan karakter


This research is descriptive qualitative. This study aims to describe the research conducted on inculcating an attitude of responsibility through literacy activities to strengthen character education for class V SD Negeri 1 Cawas located in Klaten Regency. The population of this study found 28 students. Data were collected by observation, interviews, and documentation. Test the validity of the data using the credibility test and confirmability test. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model. The results of the research conducted: (1) The stages in forming the responsible attitude of V SD Negeri 1 Cawas students include; presenting examples/ role models, habituation, and reinforcement; (2) There are several obstacles in the research including barriers from schools, teachers and students; (3) The acceptance response that occurs is an increase in students' knowledge and insight. In addition, students also raise good characters, such as dicipline and responsibility. However, there are still responses such as student responses that are not yet serious or lazy in carrying out literacy activities, however, they are still dominant with acceptance responses because literacy activities are mandatory activities, so this activity has become a routine that is enthusiastically welcomed by students who are passionate about leaarning to participate in literacy activities to strengthen character education.