Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Ide berbasis android, menguji kelayakan internal menurut ahli dan praktisi media maupun materi serta menguji keefektifan hasil belajar pada siswa kelas V Khusunya pada kompetensi menentukan pokok pikiran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D menurut teori Thiagarajan (Sugiyono, 2015). Media E-Ide berbasis android dikembangkan berdasarkan angket kebutuhan guru dan siswa kelas V. Penentuan kelayakan internal media dilakukan dengan melakukan  validasi kepada ahli dan praktisi media serta ahli dan praktisi materi.  Selanjutnya keefektifan dilakukan dengan melakakukan uji coba skala besar dan uji coba skala kecil melalui pretest dan posttest.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan analisis data akhir.  Hasil penelitian menunjukan penilaian rata-rata dari ahli dan praktisi media sebesar 80,83%  dengan kriteria layak serta dari ahli dan praktisi  materi sebesar 91,66% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji T menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada uji coba skala kecil 0,021 dan uji coba skala besar adalah 0,000 artinya < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain pada uji coba skala kecil menunjukan nilai 0,462 dengan kategori sedang dan uji coba skala besar menunjukan nilai 0,462 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini  yaitu media E-Ide berbasis android layak dan efektif digunakan untuk  peningkatan hasil belajar pada pembelajaran kompetensi menentukan pokok pikiran pada siswa kelas V.  Saran dalam penelitian ini adalah,  Media E-Ide berbasis android dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi menentukan pokok pikiran di kelas V.


This study aims to develop an Android-based E-Ide media, test internal feasibility according to media and material experts and practitioners and test the effectiveness of learning outcomes for fifth grade students, especially on the competence to determine the main idea. The type of research used is Research and Development with a 4D development model according to Thiagarajan theory (Sugiyono, 2015). The Android-based E-Idea media was developed based on a questionnaire on the needs of teachers and fifth graders. The determination of the internal feasibility of the media was carried out by validating media experts and practitioners as well as material experts and practitioners. Furthermore, the effectiveness is carried out by conducting large-scale trials and small-scale trials through pretest and posttest. Data collection techniques were carried out by interviews, documents, questionnaires, and tests. Data analysis techniques include initial data analysis and final data analysis. The results showed that the average assessment of media experts and practitioners was 80.83% with proper criteria and 91.66% from material experts and practitioners with very feasible criteria. T test results showthat the value of sig. (2-tailed) in the small-scale trial of 0.021 and the large-scale trial of 0.000 meaning <0.05, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. The N-Gain test on a small-scale trial shows a value of 0.462 with a medium category and a large-scale test shows a value of 0.462 with a medium category.The conclusion of this research is that the Android-based E-Ide media is feasible and effective to be used to improve learning outcomes in competency learning to determine the main ideas of class V students. mind in class V.