Abstract

Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V menggunakanmodel Quantum Learning dengan media “Komdio†(Komik-Audio). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap variabel pengamatan pada setiap siklusnya.Tingkat pencapaian keterampilan guru pada siklus I adalah 38 dengan kriteria baik, siklus II sebesar 41 dengan kriteria baik, dan siklus III sebesar 52 dengan kriteria baik sekali.Tingkat pencapaian aktivitas siswa pada siklus I rata-rata skor sebesar 2 dengan kriteria baik, siklus II sebesar 2,6 dengan kriteria baik, dan siklus III sebesar 3 dengan kriteria baik. Tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 63,9dengan persentase ketuntasan klasikal 36,85%, siklus II nilai rata-rata 66,36 dengan persentase ketuntasan klasikal 60,53%, dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 80,73 persentase ketuntasan klasikal 86,84%. Simpulan penelitian ini yaitu model Quantum Learning dengan media “Komdio†(Komik-Audio) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang.

The purpose of the research was to improve the quality of social learning using quantum learningwith Komdio (Comic-Audio). The research was classroom action researchthat consisted of three cycles. The subjects were teacher and students in class V SDN Purwoyoso,01 Semarang. Data collection techniques used tests and nontest. The results showed an increase in each variable of each cycle. The level of achievement on the teacher skills in the first cycle was 38 with good criteria. The second cycle was 42 with good criteria. The third cyclewas 52with very good criteria. The achievement level of students activity in the first cycle got an average scoreof 2 with good criteria. The second cycle was 2.6 with good criteria. The third cycle was 3 with good criteria. The level of students achievement in the first cycle gotan average score of 63.9 with classical completeness percentage of 36.85%. The second cycle got an average value of 66.36 with classical completeness percentage of 60.52%. The third cycle obtained an average of 80.73with percentage of classical completenessof 86.84%. The conclusion quantum learning usingKomdio (Comik-Audio) improved the quality of social subjectlearningin classV SDN Purwoyoso 01, Semarang.