Abstract

Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara krama lugu menggunakan model role playing dengan media audiovisual pada siswa kelas V SDN Plalangan 04. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap variabel setiap siklus, Tingkat pencapaian keterampilan guru di siklus I adalah 19 dengan kategori cukup, siklus II sebesar 26 dengan kategori baik, dan siklus III adalah 29 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 18,10 dengan kategori cukup, siklus II sebesar 22,40 dengan kategori baik dan siklus III sebesar 28,10 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65,17 dengan persentase ketuntasan klasikal 57,14%, siklus II nilai rata-rata 70,17 dengan persentase ketuntasan ketuntasan klasikal 75%, dan siklus III nilai rata-rata 74,55 dengan persentase ketuntasan klasikal 85,71%. Simpulan penelitian ini adalah model role playing dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berbicara krama lugu siswa kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang.

The purpose of this research was to improve the skills of speaking krama lugu of Java language using the Role Playing model with media audiovisual in class V SDN Plalangan 04. The research was carried out in three cycles, with each cycle consisted of one session. Subjects of this study were teacher and students in class V SDN Plalangan 04. The data collection technique was used engeneering tests and non-test. The results showed an increase in each variable of each cycle. The level of achievement of the skills of teachers in the first cycle was 19 with a enough category, the second cycle of 26 with good category, and the third cycle of 29 with very good category. Achievement level of student activity in the first cycle was 18.10 with enough category, and the second cycle was 22.40 with good category and and the third cycle of 28.10 with very good category. Student learning outcomes of first cycle got average score 65.17 with percentage classical completeness was 57.14%, the second cycle got average score 70.17 with percentage classical completeness was 75%,and third cycle got average score 74.55 with percentage classical completeness was 85.71%. The Conclusion showed that using Role Playing model with audiovisual could improve the skill of spekaing krama lugu of fourth grade students of SDN Plalangan 04 Semarang City.