PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA POWER POINT
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IV menggunakan model course review horay dengan media powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus dengan setiap siklus satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap variabel pengamatan pada setiap siklusnya. Tingkat pencapaian keterampilan guru di siklus I adalah 20 dengan kategori baik, siklus II sebesar 27 dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 33 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas siswa di siklus I adalah 16,8 dengan kategori baik, siklus II sebesar 21,5 dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 24,9 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 64,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 43,5% kemudian siklus II nilai rata-rata 73,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,6%, dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 80,07 persentase ketuntasan klasikal 84,6%. Simpulan penelitian ini yaitu model course review horay dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang
The purpose of the research was to improve the quality of civics learning through the application of Course Review Horay model with Powerpoint. The research was classroom action research consisted of three cycles; with each cycle consisted of one session. The subjects of the study were teacher and students in class IV SDN Tugurejo 01, Semarang. Data collection techniques used tests and nontest. The results showed an increase in each variable of each cycle. The level of achievement of the teacher skill in the first cycle was 20 with good category. The second cycle was 27 with good category. The third cycle was 33 with very good category. The achievement level of students activity in the first cycle was 16.8 with good category. The second cycle was 21.5 with good category. The third cycle was 24.9 with very good category. The level of students achievement in the first cycle got an average score of 64.4 with classical completeness percentage of 43.5%. The second cycle got an average score of 73.7 with classical completeness percentage of 66.6%. The third cycle got an average of 80.07 with classical completeness percentage of 84.6%. The conclusion of the study was Course Review Horay model using Powerpoint improved the quality of civics learning in class IV SDN Tugurejo 01, Semarang.