Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif, dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas VB SDN 01 Tambakaji Semarang. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam siklus satu mendapat skor 36 dengan kriteria baik , siklus II mendapat skor 39 dengan kriteria sangat baik dan siklus ketiga mendapat skor 43 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus satu mendapat skor 18,7 dengan kriteria baik , siklus II mendapat skor 22,1 dengan kriteria baik dan siklus ketiga mendapat skor 25,15 dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus satu 66,67 % , siklus II mendapat persentase 72,22 % dan pada siklus III mendapat persentase 88,89 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran yang kreatif - produktif dapat meningkatkan keterampilan guru , aktivitas siswa , dan hasil belajar siswa di kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang.

The purpose of this study was through the creative-productive learning strategies, could improve the skills of teachers, students’ activities, and students’ learning outcomes in the learning of IPS in the class of VB SDN Tambakaji 01 Semarang. This class action research was done in four stages; those are planning, implementation, observation, and reflection that implemented in three cycles. The subjects of this study were teacher and students in the class of VB SDN 01 Tambakaji Semarang. The data collection techniques were test and non- test techniques. The techniques of data analysis consist of quantitative and qualitative data. The research results showed the skills of teachers in cycle one got score 36 with a good criteria, the second cycle got score 39 with a very good criteria and the third cycle got score 43 with a very good criteria. Students activities in cycle one got score 18.7 with a good criteria, the second cycle got score 22.1 with a good criteria and the third cycle got scrore 25.15 with very good criteria. Percentage of exhaustiveness classical learning results obtained in cycle one got percentage 66.67%, the second cycle got percentage 72.22% and the third cycle got percentage 88, 89%. The conclusions of this research is that creative-productive learning strategies can improve the skills of teachers, students activities, and student learning outcomes in the class of V B SDN Tambakaji 01 Semarang.