Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan berbasis masalah menggunakan CD interaktif dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 45 dengan kategori baik dan siklus II keterampilan guru meningkat menjadi skor 51 dengan kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 19,4 kategori baik dan pada siklus II memperoleh rata-rata skor 20,5 kategori. (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 78% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Adapun simpulan dari penelitian adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Research purposes to improve the skills of teachers, student activities and student learning outcomes in learning Mathematics in class IVB SDN Wonosari 03 Semarang. This type of research is a classroom action research through a problem-based approach using an interactive CD using two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were teachers and students of class 03 IVB SDN Wonosari Semarang. Technique pegumpulan data using observation, testing, documentation and field notes. Data analysis using quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. The results showed that: (1) the skills of teachers in the first cycle to obtain a score of 45 with both categories and second cycle teachers' skills improved to a score of 51 with a very good category. (2) activity in the first cycle of students earned an average score of 19.4 good category and the second cycle to obtain an average score of 20.5 category. (3) classical completeness percentage of 78% in the first cycle and the second cycle increased to 87.5%. The conclusion of the research is the application of problem-based learning using interactive CD can improve the skills of teachers, student activities, and student learning outcomes.