Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep waktu di TK Negeri Pembina Kabupaten Rembang, hal ini terlihat dari hasil belajar konsep waktu. Tujuan penelitian ini 1) menganalisis perencanaan pengembangan media konsep jam waktu untuk konsep isi waktu 2) menghasilkan rancangan pengembangan media konsep jam waktu untuk konsep isi waktu. 3) Menganalisis efektivitas Pembangunan. Media Con- Clock pada Materi Konsep Waktu di TK Negeri Pembina Pancur Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan varian eksploratif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan dengan metode Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah TK Negeri Pembina se-Kabupaten Rembang. Sesuai dengan teknik purposive sampling, sampel diambil dari siswa TK N Pembina Pancur dan TK N Pembina Pamotan. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrumen validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Concept Of Time Clock (Con- Clock) dapat digunakan dalam pembelajaran materi konsep waktu untuk meningkatkan kemampuan kognitif di TK N Pembina se-Kabupaten Rembang, hal ini berdasarkan hasil statistik sampel berpasangan diketahui bahwa kemampuan kognitif pada siswa konsep waktu pada kelas eksperimen memperoleh nilai posttest 82 dan kelas kontrol memperoleh nilai posttest 61. Sehingga dapat dikatakan bahwa anak yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media pengembangan media Con- Clock memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi. baik dibandingkan dengan anak yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan media Con- Clock.-