Pendampingan Peserta Didik Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Serta Penambahan Wawasan Publik Speaking
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk pemahaman dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa serta penambahan wawasan public speaking di UPT SDN 42 Gresik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pendekatan dan pendampingan guru terhadap siswa sehingga kreativitas siswa masih minim terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang secara langsung melakukan pendampingan terhadap siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di UPT SDN 42 Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan dan praktek. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan hasil siklus. Hasil deskriptif menjelaskan bahwa kemampuan siswa dalam berkreativitas sangat tinggi, dan kemampuan public speaking juga sangat baik. Dilihat dari hasil tabel siklus bahwa siklus 1 sebelum pendampingan rata – rata siswa adalah 34% di dalam berkreativitas dan menjelaskan pelajaran di depan teman – temannya, dan rata – rata siswa pada siklus 2 adalah 48% di dalam berkreativitas dan menjelaskan pelajaran di depan teman – temannya, sedangkan setelah adanya pendampingan rata – rata siswa pada siklus 1 dan 2 adalah 69% dan 85% di dalam berkreativitas dan menjelaskan pelajaran di depan teman – temannya.
Kata Kunci : Pendampingan, Kreativitas Siswa, Penambahan Wawasan Public Speaking.