Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook, menguji kelayakan, dan keefektifan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan media, analisis tanggapan guru dan siswa, uji normalitas, uji-t, serta n-gain. Hasil pengembangan dalam bentuk media berupa media pembelajaran flipbook. Hasil uji kelayakan flipbook dengan persentase kelayakan penyajian sebesar 98,44% dan kelayakan isi sebesar 95,31% dengan kategori “sangat layak”. Uji keefektifan dengan hasil uji perbedaan rata-rata uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,050. Pada hasil uji thitung 13,636 > ttabel 2,09 dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa. Pada peningkatan rata-rata (n-gain) data pretest dan posttest diperoleh hasil sebesar 0,65 dengan kriteria “sedang”. Uji keefektifan media diketahui melalui perhitungan uji keefektifan media memperoleh skor 88% dengan kategori “efektif” sebagai penunjang pembelajaran.