Abstract

Abstrak


Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran video berbasis kamera 360 derajat materi mendirigen lagu nasional. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran video berbasis kamera 360 derajat dikelas III SD Negeri 1 Gemblengan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan oleh Borg & Gall. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes (pretest dan posttest), dan teknik non tes (observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi). Desain media pembelajaran video berbasis kamera 360 derajat berisikan video materi mendirigen, video tutorial gerakan mendirigen berbasis kamera 360 derajat serta video kumpulan lagu nasional. Hasil penilaian media pembelajaran video berbasis kamera 360 derajat oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 88,3% dan ahli media sebesar 98% dengan kategori sangat layak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t-test, dan uji n-gain. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai sig. > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Media pembelajaran video berbasis kamera 360 derajat efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji t, dengan nilai signifikansi (Sig) 0,0004 < 0,05 untuk skala kecil dan 0,000 < 0,05 untuk skala besar. Sehingga  diterima dan  ditolak. Sementara untuk uji N-gain terjadi peningkatan hasil belajar dari perolehan rata-rata pretest dan posttest psikomotorik yaitu sebesar 0,49 untuk skala kecil dan 0,46 untuk skala besar dengan kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran video berbasis kamera 360 derajat layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan mendirigen lagu nasional siswa kelas III SD Negeri 1 Gemblengan.


This research developed 360-degree camera-based video learning media for conducting national songs. This research aimed to develop and test the feasibility and effectiveness of 360-degree camera-based video learning media in class III at SD Negeri 1 Gemblengan. This type of research way research and development (R&D) with a development model by Borg & Gall. Data collection techniques included test techniques (pretest and posttest) and non-test techniques (observation, interviews, questionnaires and documentation). The 360-degree camera-based video learning media design contained videos of conducting material, video tutorials on conducting movements based on a 360-degree camera and videos of collections of national songs. The results of the assessment of 360-degree camera-based video learning media by material experts obtained a percentage of 88.3% and media experts 98% with a very feasible category. Data analysis techniques use the normality test, t-test, and n-gain test. The results of the data normality test show a sig value. > 0.05 so the data is normally distributed. The 360-degree camera-based video learning media is effectively used as proven by the results of the t-test, with a significance value (Sig) of 0.0004 < 0.05 for small scale and 0.000 < 0.05 for large scale. So is accepted and  is rejected. Meanwhile, for the N-gain test, there was an increase in learning outcomes from the average gain of the psychomotor pretest and posttest, namely 0.49 for the small scale and 0.46 for the large scale in the medium category. This research concludes that 360-degree camera-based video learning media is feasible and effective for improving the national song conducting skills of class III students at SD Negeri 1 Gemblengan.