Abstract

Media Pembelajaran IPAS terkait materi pembelajaran IPS kelas V SD Muhammadiyah Borobudur terdapat permasalahan pada penerapan media berbasis IT yang belum optimal. keterampilan kolaborasi pada pembelajaran yang merupakah salah satu penyebab peserta didik dapat belajar dengan aktif dan menyenangkan belum diterapkan pada pembelajaran IPAS. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran dibutuhkan sebagai solusi dalam permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media pembelajaran Spinning Wheel berbasis Unity untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada pembelajaran IPAS kelas V SD Muhammadyah Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadyah Borobudur Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan media Spinning Wheel berbasis Unity sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. dibuktikan dengan hasil uji kelayakan oleh ahli dengan presentase kelayakan pada media 90,63% dan materi 90,00% dengan kualifikasi sangat layak. Uji t berpasangan pada kelompok kecil dan besar juga mengindikasikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi, dengan tingkat N-Gain yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media Spinning Wheel berbasis Unity layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Borobudur Magelang. Saran peneliti adalah penyempurnaan media Spinning wheel berbasis unity pada pembelajaran peserta didik, sehingga mampu menghasilkan media pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif dan menyenangkan.


IPAS Learning Media related to social studies learning material for class V at SD Muhammadiyah Borobudur, there are problems with the application of IT-based media, which is not yet optimal. Collaboration skills in learning, which are among the reasons why students can learn actively and happily, have not been applied to science and science learning. Therefore, the development of learning media is needed as a solution to this problem. The aim of this research is to develop a design, test feasibility, and test the effectiveness of Unity-based Spinning Wheel learning media to improve collaboration skills in class V science and science learning at SD Muhammadyah Borobudur, Magelang Regency. This research uses the Research and Development (R&D) method with the Borg and Gall development model. The subjects in this research were fifth-grade students at SD Muhammadyah Borobudur, Magelang Regency. The data collection techniques used are observation, interviews, documentation, questionnaires, and tests. The results of the research show that the design for developing Unity-based Spinning Wheel media is very feasible and very effective for use in learning. Proven by the results of feasibility tests by experts with a feasibility percentage in the media of 90.63% and material of 90.00% with very feasible qualifications. Paired t-tests in small and large groups also indicated that this media was effective in improving collaboration skills, with a high level of N-Gain. Based on these results, it can be concluded that the Unity-based Spinning Wheel media is feasible and effective for use in learning to improve the collaboration skills of class V students at SD Muhammadiyah Borobudur Magelang. The researcher's suggestion is to improve the unity-based Spinning Wheel media in student learning so that it can produce learning media that is more innovative, creative, and fun.