Abstract

Abstrak


Penlitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis Powtoon model GI untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Sampangan 02 pada muatan pembelajaran IPS. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D). Subek penelitian ini adalah guru kelas V dan 25 peserta didik kelas V SDN Sampangan 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, data dokumen, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan media oleh ahli materi materi memperoleh hasil 92% dan ahli media memperoleh 93% dalam kategori sangat layak. Hasil tanggapan guru memperoleh hasil 100% dan hasil tanggapan siswa 100% dalam kategori sangat layak. Hasil uji N-Gain sebelum dan sesudah pembelajaran mendapatkan hasil 0,62 dengan kriteria sedang, sehingga efektif digunakan untuk media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini media berbasis Powtoon model GIĀ  layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS.


This research aims to develop Powtoon GI model based media to improve the learning outcomes of class V students at SDN Sampangan 02 on social studies learning content. This research method is research and development (R&D). The subjects of this research were class V teachers and 25 class V students at SDN Sampangan 02. The data collection techniques used were interviews, document data, questionnaires and documentation. Data analysis was carried out using feasibility tests and media effectiveness tests. The results of the media feasibility test by material experts obtained a result of 92% and media experts obtained 93% in the very feasible category. The results of the teacher's response were 100% and the student's response was 100% in the very appropriate category. The N-Gain test results before and after learning obtained a result of 0.62 with medium criteria, so it is effective for use as learning media. The conclusion from this research is that the Powtoon GI model based media is feasible and effective for use in social studies learning.