Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik dengan langkah-langkah sebagai berikut:  (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Skala Kecil; (7) Uji Coba Skala Besar; dan (8) Produk Akhir. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas V SDN 1 Sumur. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod merupakan media yang menyajikan materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan dan dapat diakses oleh peserta didik melalui link Nearpod atau kode yang diberikan oleh pendidik. Media ini memperoleh kategori sangat layak dengan presentase 98,52%  dari ahli media dan presentase 93,75%  dari ahli materi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 artinya < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan rata-rata nilai Pretest dan posttest. Uji N-Gain menunjukan nilai 0,49 dengan kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan kelas V.


Abstract


This study aims to develop, test the feasibility and test the effectiveness of Nearpod-based interactive learning media. This type of research is Research and Development (R&D) with the Borg and Gall development model which is adjusted to the conditions and needs of students with the following steps: (1) Potential and Problems; (2) Data Collection; (3) Product Design; (4) Design Validation; (5) Design Revision; (6) Small Scale Trial; (7) Large Scale Trial; and (8) Final Product. The subjects of this research were 29 fifth grade students of  01 Sumur elementary school. Data collection techniques include observation, interviews, questionnaires and documentation.The results showed that Nearpod-based interactive learning media is a media that presents material on national events during the colonial period and can be accessed by students through Nearpod links or codes given by educators. This media obtained a very feasible category with a percentage of 98.52% from media experts and a percentage of 93.75% from material experts. The t-test results showed that the sig. (2-tailed) is 0.000 which means < 0.05, it can be concluded that there is an increase in the average score of the Pretest and posttest. The N-Gain test showed a value of 0.49 with a moderate category, so it can be concluded that there is an increase in the average pretest and posttest scores. In conclusion, the Nearpod-based interactive learning media is very feasible and effective to use in learning social studies material on national events during the fifth grade colonization period.