Abstract

Hasil refleksi menunjukkan bahwa siswa kesulitan menemukan diksi sesuai tema jika hanya mengandalkan pengetahuan dan pemahaman, maka dari itu siswa membutuhkan pengalaman yang nyata agar mereka menemukan rasa dari puisi yang ditulisnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V melalui model Kontekstual-Inquiri dengan media lagu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 20, pada siklus II mendapat skor 28, meningkat pada siklus III menjadi 33; (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata skor 14,97, pada siklus II mendapat rata-rata skor 15,21, meningkat menjadi 16,41 pada siklus III; (3) keterampilan menulis puisi bebas pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 28,20%, siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 48,72%, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 82,05%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Kontekstual-Inquiri dengan media lagu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas.

 

Result of the reflection shows that students had difficulty finding appropriate diction theme if they only relied on knowledge and understanding, therefore students needed real experience so they can find the sense of poetry. The research aimed to improve free poetry writing skill of fifth grade students through contextual-inquiry model using song. The research was designed using classroom action research in three cycles included the planning, implementation, observation, and reflection. The data was collected using test, observation, interview, and documentation. Data were analyzed using quantitative and qualitative analysis. The results of the research showed: (1) the teacher skill in the first cycle scored 20, in second cycle scored 28. It improved in the third cycle to 35 ; (2) the average score of students activity in the first cycle was 14,97, in second cycle was 15,21. It improved in the third cycle to 16,41; (3) the classical completeness of free poetry writing skill in the first cycle was 28,20%, in second cycle was 48,72%, It improved in the third cycle to 82,05%. The conclusion of the research was contextual-inquiry model using song improved teacher skill, students activity, and free poetry writing skill.