PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK SISWA SMA KELAS X

Main Article Content

Husniyatul Adibah Alwaliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahsa menurut persepsi siswa dan guru, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan, (3) menghasilkan prototipe buku pengayaan, dan (4) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan prototipe. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan dalam lima tahap, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku pengayaan ini layak digunakan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru bahasa Indonesia kelas X sebesar 82,50 yang termasuk dalam kategori baik dan dosen ahli sebesar 71,75 yang termasuk dalam kategori cukup baik.

Article Details

How to Cite
Alwaliyah, H. (2016). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK SISWA SMA KELAS X. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11295
Section
Articles
Author Biography

Husniyatul Adibah Alwaliyah, Semarang State University

-

References

Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi Publik Relation. Bandung: Pustaka Setia.
Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedoman Penulisan Buku Nonteks. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sauri, Sofyan. 2010. “Membangun Bangsa Berkarakter Santun Melalui Pendidikan Nilai di Persekolahan”. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education. Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.
Shahrokhi, Mohsen. Bidabadi, Farinaz Shirani. 2013. “An Overview of Politeness Theories: Current Status, Future Orientatioms”. American Journal of Linguistics 2013, 2(2): 17-27.
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, Arie. 2013. “Kesal Disuruh Sabar, Murid Tantang dan Aniaya Guru dengan Pisau Cutter”. Merdeka.com. http://www.merdeka.com/peristiwa/kesal-disuruh-sabar-murid-tantang-aniaya-guru-dengan-cutter.html. Diakses 14 Januari 2016
Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
Zainurrahman. 2011. Menulis: dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.