KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI DAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII SMP

Main Article Content

zumeroh zumeroh
Wagiran Wagiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan keefektifan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model simulasi pada siswa kelas VIII SMP, (2) menentukan keefektifan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model teams games tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP, (3) mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model simulasi dan model teams games tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design dengan memberikan perlakuan model simulasi pada eksperimen 1 dan model teams games tournament (TGT) pada eksperimen 2.  Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sample yaitu siswa kelas VIII H sebagai eksperimen 1 menggunakan model simulasi dan siswa kelas VIII I eksperimen 2 menggunakan model teams games tournament (TGT). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pembelajaran membacakan teks berita pada siswa VIII SMP Negeri 4 Ungaran  efektif menggunakan model simulasi dan model teams games tournament (TGT). Pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model simulasi lebih efektif dibandingkan menggunakan model teams games tournament (TGT).


Kata kunci : pembelajaran membacakan teks berita, model simulasi, model teams games tournament (TGT)


ABSTRACT


The aim of this study : (1) determine the effectiveness of learning reading news item text using simulation models to the student of VIII grade of SMP, (2) determine the effectiveness of study read the text message using a model of teams games tournament (TGT) to the eighth grade students of SMP, (3) determine differences in the effectiveness of reading news item text using simulation models and teams games tournament (TGT) models to the VIII grade of SMP. This research uses quasi-experimental research design with nonequivalent control group design by delivering a treatment of simulasion model in the experiment 1 and teams games tournament (TGT) model in the experiment 2. The population of this study was all often study of VIII grade of SMP Negeri 4 Ungaran. Samples of this study were selected by using purposive sample technique students of VIII H as experiment 1 using a simulation model and the which is the students of VIII I use teams games tournament (TGT) model a experiment 2. The results of this study show that learning on the students reading a news item text of SMP Negeri 4 Ungaran of effective using simulation model and teams games tournament (TGT) model. Learning reading a news item text the simulation model is more effective than using a of teams games tournament (TGT) model.


Key word: learning reading news item text, simulation model, teams games tournament model (TGT)

Article Details

How to Cite
zumeroh, zumeroh, & Wagiran, W. (2018). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI DAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 40-47. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v6i1.12149
Section
Articles