PENINGKATAN KETERAMPILAN MEREVISI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi, memaparkan peningkatan kemampuan peserta didik, menjelaskan perubahan sikap spiritual dan sosial peserta didik dalam merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) melalui media motion graphic. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 12 Magelang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik merevisi teks eksplanasi, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap siklus I nilai rata-rata merevisi teks eksplanasi sebesar 76,06 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,15 dengan kategori baik. Selain itu, sikap spiritual dan sosial peserta didik selama mengikuti pembelajaran merevisi teks eksplanasi juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari hasil observasi sikap yang menunjukkan nilai rata-rata kelas 72,375 dengan kategori cukup pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55 menjadi 81,925 pada siklus II dengan kategori baik.
Kata kunci: Keterampilan merevisi teks eksplanasi, metode Team Accelerated Instruction (TAI).
Penelitian tindakan ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi, memaparkan peningkatan kemampuan peserta didik, menjelaskan perubahan sikap spiritual dan sosial peserta didik dalam merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) melalui media motion graphic. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 12 Magelang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik merevisi teks eksplanasi, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap siklus I nilai rata-rata merevisi teks eksplanasi sebesar 76,06 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,15 dengan kategori baik. Selain itu, sikap spiritual dan sosial peserta didik selama mengikuti pembelajaran merevisi teks eksplanasi juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari hasil observasi sikap yang menunjukkan nilai rata-rata kelas 72,375 dengan kategori cukup pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55 menjadi 81,925 pada siklus II dengan kategori baik.
Kata kunci: Keterampilan merevisi teks eksplanasi, metode Team Accelerated Instruction (TAI).
This research is conducted in order to explain the learning process of revising explanation texts, explain the enhancement skills of the students, and explains the spiritual and social manner changes of the students in revising the explanation texts using Team Accelerated Instruction (TAI). There are two cycles in this research. Each research comprises of four stages, which are planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is the revising explanation text skills of the seventh grade students of SMP Negeri 12 Magelang. The bound variable in this research is the skills of revising explanation texts, while the free variable in this research is the use of Team Accelerated Instruction (TAI) method in the learning process. The technique of data collection is using test and non-test techniques. In the test technique, the students revise the explanation texts while in the non-test technique; it is conducted by observation, interviews between the teacher and the students, and photos and videos documentations. The data analysis comprises of the quantitative and qualitative data. The results showed that the implementation of learning process of revising explanation texts using Team Accelerated Instruction (TAI) was increasing from first cycle to second cycle. The first cycle showed that the average mark was 76, 06 categorized as enough. After the action on the second cycle, the average mark was 80, 15 categorizes as good. In addition, the spiritual and social manners of the students during the learning process of revising explanation texts were also better. It was proven from data resulted by the manner observation showing the average of the class for about 73,357 categorized as enough on the first cycle was increasing for about 9,55 to be 81,925 on the second cycle categorized as good.
Keywords: skills of revising explanation texts, Team Accelerated Instruction (TAI) method.