KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK DAN MODEL QUANTUM DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI SEBUAH CERITA PENDEK MELALUI MEDIA PULUP GAME UNTUK SISWA SMA KELAS XI
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui keefektifan model sinektik melalui media pulup game dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah cerita pendek pada siswa SMA kelas XI, 2) mengetahui keefektifan model quantum melalui media pulup game dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah cerita pendek pada siswa SMA kelas XI, dan 3) mengetahui model sinektik atau model quantum yang lebih efektif dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah cerita pendek pada siswa SMA kelas XI. Penelitian menggunakan true experimental design dengan kelas sinektik sebagai kelas eksperimen satu dan kelas quantum sebagai kelas eksperimen dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sinektik dan model quantum efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah cerita pendek melalui media pulup game untuk siswa SMA kelas XI. Model quantum lebih efektif digunakan daripada model sinektik.
Kata Kunci: Keefektifan, Model Sinektik, Model Quantum, Mengonstruksi Sebuah Cerita Pendek, Media Pulup Game
ABSTRACT
This research was aims to: 1) understand the effectiveness of synectic model by pulup game media within learning of short stories construct for student of XI class, 2) understand the effectiveness of quantum model by pulup game media within learning of short stories construct for student of XI class, and 3) understand the different effectiveness between synectic and quantum model by pulup game media within learning of short stories construct for student of XI class. The research used a true experimental design with synectic class as the one of experiment class and quantum class as the two of experiment class. The result showed that synectic and quantum model effectively for learning of short stories construct for student of XI class. Quantum model is more effective than synectic model.