KEEFEKTIFAN TEKNIK AKROSTIK DAN TEKNIK KATA BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MEDIA VIDEO DESTINASI PARIWISATAPADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan teknik akrostik dengan video destinasi pariwisata pada pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA N 12 Semarang, (2) mengetahui keefektifan teknik kata berantai dengan video destinasi pariwisata pada pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA N 12 Semarang, (3) mengetahui lebih efektif mana antara teknikakrostik dengan teknik kata berantai dalam pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA N12 Semarang.Penelitian ini ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks puisi menggunakan teknik akrostik dengan video destinasi pariwisatalebih efektif dibanding kemampuan menulis teks puisi menggunakan teknikkata berantai dengan video destinasi pariwisata.
Kata kunci: teknik akrostik; teknik kata berantai; video destinasi pariwisata; dan teks puisi.
Abstract
The objectives of this research are : (1)to find out the effectiveness of accrostic technique with destination video in writing poetry text learning at the tenth graders of SMA N 12 Semarang, (2) to find out the effectiveness of chains word with tourism destinations video in learning writing poetry text to the eighth graders of SMA N 12 Semarang, (3) to find out which technique is more effective between acrostic technique and chains word technique in learning writing poetry text to the eighth graders of SMA N 12 Semarang. This research used nonequivalent control group design. The finding of this research showed that writing poetry ability which used acrostic technique with tourism destinations video.
Keywords: acrostic technique; chains word technique; tourism destinations video,and poetry text.