PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA VIDEOKLIP LAGU

Main Article Content

Auntiya Erlista

Abstract

Abstrak


Siswa memiliki tingkat keterampilan menulis puisi yang rendah. Penelitian ini dilaksanakan untuk memaparkan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa menggunakan metode sugesti imajinasi dengan media videoklip lagu serta proses pembelajaran dan perubahan perilaku siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perancanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Nilai rata-rata prasiklus siswa sebesar 60,7. Pada siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73,1. Nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 82,3.


Kata kunci : menulis puisi, metode sugesti imajinasi, media videoklip lagu


 


Abstrack


Students’ poetry writing skill was bad. The purpose of this research is describing the improvement of students' writing poetry skill using imaginative suggestion method and videoclip’s song, the process of learning, and the improvement of students’ behavior. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The students’ average score in pre-cycle is 60,7. In the first cycle, the students' average score increased to 73,1. The students’ average score in second cycle is 82,3.         


Keyword : skill of writing poetry, imaginative sugesstion method, videoclip’s song

Article Details

How to Cite
Erlista, A. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA VIDEOKLIP LAGU. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 7-13. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.23764
Section
Articles