ANALISIS NILAI MORAL PADA CERPEN SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI BULAN OKTOBER SAMPAI DESEMBER 2017 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XI

Main Article Content

Lantip Dwi Nurgoho
Suseno Suseno

Abstract

ABSTRAK


Pembelajaran sastra memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan kecerdasan peserta didik. Melalui suatu pembelajaran sastra peserta didik dapat meningkatkan kecerdasan, intelektual, emosional, dan spiritual. Sejauh ini pembelajaran khususnya bahasa dan sastra Indonesia belum diimbangi dengan praktik apresiasi terhadap suatu karya sastra yang notabene nya dari sastrawan yang kurang terkenal. Bahan ajar dalam kegiatan mengapresiasi sastra kurang mampu menembus batas luar dunia sastra. Oleh sebab itu, kriteria pemilihan bahan pembelajaran berdasarkan aspek nilai moral dan aspek kesesuaian isi semestinya dirumuskan secara cermat dalam upaya memilih, menyaring, dan menyeleksi cerpen-cerpen surat kabar Suara Merdeka edisi bulan Oktober sampai Desember tahun 2017 yang akan digunakan sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di SMA kelas XI, Agar dapat diketahui  cerpen mana saja yang sesuai dengan peserta didik berkait dengan tujuan pembelajaran sastra di SMA dan mana yang tidak sesuai. Penggunaan metode deskriptif kualitatif diharapkan dapat mengatasi masalah di atas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Adapun data dalam penelitian ini berupa cerpen-cerpen surat kabar Suara Merdeka edisi bulan Oktober sampai Desember tahun 2017 dengan sumber data dalam penelitian ini adalah surat kabar harian Suara Merdeka yang diterbitkan oleh PT. Suara Merdeka Pres tahun 2017. Dari hasil penelitian, menunjukkan tidak semua cerpen dapat dijadikan alternatif bahan ajar, hanya dua cerpen terbitan Suara Merdeka edisi bulan Oktober sampai Desember tahun 2017 yang dapat dijadikan sebagai pilihan bahan pembelajaran sastra di SMA berdasarkan aspek nilai moral dan aspek kesesuaian isi.


Kata Kunci: cerpen, nilai moral, dan bahan ajar sastra


 


ABSTRACT


Literary learning has important role in pupils’ intelligence development. Through literary learning, pupils could develop their intelligence, intellectual, emotion, and their spiritual. To this day, literary learning especially in Bahasa not yet supported by appropriate appreciation practice to the literary works which is created by infamous man of letters. The learning materials are not enough to break through the boundaries of literary word. Moreover, the selection of learning material according to moral value and content aspect should be arranged in appropriate way in order to filter and select short stories taken from Suara Merdeka October - December edition in 2017. Those short stories are used as alternative learning material of ninth grade of senior high school. By that method, it will be known which short stories that appropriate to the level and vice versa. This research is done by descriptive qualitative. The researcher used documentation and content analyzing to collect the data. The data of this research is short stories taken from Suara Merdeka October - December edition in 2017 published by PT. Suara Merdeka Pres 2017. The result of the research show that not all of short stories could be used as alternative leaning material and it is only two short stories in Suara Merdeka October - December edition in 2017 that appropriate to use as literary learning to senior high school according to moral value and content aspect.


Keywords: short stories, values, and the basis of literature

Article Details

How to Cite
Nurgoho, L., & Suseno, S. (2019). ANALISIS NILAI MORAL PADA CERPEN SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI BULAN OKTOBER SAMPAI DESEMBER 2017 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 115-119. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i2.28542
Section
Articles