Keefektifan Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Menggunakan Metode Earth dan PQRST pada Peserta Didik Kelas VIII

Main Article Content

Dini Ramadhani
Haryadi Haryadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan metode EARTH pada peserta didik kelas VIII, mendeskripsikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan metode PQRST pada peserta didik kelas VIII, dan mengetahui metode yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan metode EARTH dan metode PQRST pada peserta didik kelas VIII. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Negeri 2 Moga di Warungpring. Data penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu nilai uji coba sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan nilai uji coba setelah diberikan perlakuan (postest) pada kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode EARTH efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita karena sig.(2tailed) adalah 0,000 sehingga sig < 0,05, metode PQRST efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita karena sig.(2tailed) adalah 0,000 sehingga sig < 0,05, metode PQRST lebih efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita karena perolehan nilai rata-rata proses pembelajaran metode PQRST yaitu 85,18%, rata-rata nilai sikap sebesar 89,624%, dan nilai rata-rata pada hasil setelah diberikan perlakuan (postest) yaitu sebesar 80,15 sedangkan pembelajaran menggunakan metode EARTH memiliki nilai rata-rata proses sebesar sebesar 82,4025%, rata-rata pada penilaian sikap yaitu sebesar 88,144%, dan perolehan rata-rata pada hasil setelah diberikan perlakuan (postest) adalah 79,33.


Kata Kunci : mengidentifikasi unsur-unsur, teks berita, metode EARTH, dan metode PQRST.


ABSTRACT


The purpose of this study was to describe the effectiveness of learning to identify elements of news text with the EARTH method for class VIII students, to describe the effectiveness of learning to identify elements of news text using the PQRST method for class VIII students, and to find out which methods are more effective in identifying learning news text elements using the EARTH method and the PQRST method in class VIII students. The research design used in this study was a quasi-experimental design with nonequivalent control group design. The sample in this study were students of class VIII A and class VIII B of SMP Negeri 2 Moga at Warungpring. The research data used in the study were the test value before being given treatment (pretest) and the test value after being given treatment (postest) in the sample class. The results showed that the EARTH method was effective in learning to identify elements of news text because sig. (2tailed) was 0.000 so that sig <0.05, the PQRST method was effective in learning to identify elements of news text because sig. (2tailed) is 0,000 so that sig <0.05, the PQRST method is more effective in learning to identify elements of news text because the average value of the PQRST learning process is 85.18%, the average attitude value is 89.624%, and the average value The average on the results after being given treatment (posttest) is 80.15 while learning using the EARTH method has an average process value of 82.4025%, the average on attitude assessment is 88.144%, and the average acquisition on the results after being given treatment (postest) was 79.33.


Keywords: identifying elements, news text, EARTH method, and PQRST method.

Article Details

How to Cite
Ramadhani, D., & Haryadi, H. (2021). Keefektifan Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Menggunakan Metode Earth dan PQRST pada Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 41-51. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v10i1.43308
Section
Articles