ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MATERI PECAHAN
Abstract
Siswa cenderung merasa kesulitan dalam memahami materi pecahan sehingga tingkat berpikir kreatif atau karakter rasa ingin tahu siswa pada materi ini relativ rendah. Untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, dikembangkanlah perangkat pembelajaran model SSCS berbantuan media puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa sebelum pembelajaran, mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran, dan mendeskripsikan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas IV setelah pembelajaran SSCS berbantuan media puzzle pada materi pecahan. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model SSCS berbantuan media puzzle ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, silabus dengan skor rata-rata 3,82 (baik), RPP dengan skor 3,95 (baik); LKS dengan skor 4,02 (sangat baik), buku siswa dengan skor 3,95 (baik); dan tes KBKM dengan skor 3,78 (baik); (2) pembelajaran matematika dinyatakan efektifkarena KBKM mencapai ketuntasan dan terdapat pengaruh positif karakter rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kreatif matematis terhadap KBKM, terdapat rata-rata KBKM antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; dan terdapat peningkatan nilai KBKM. Kemampuan berpikir kreatif matematis seluruh siswa tuntas, akan tetapi pada indikator keaslian beberapa siswa masih kurang, sehingga dapat dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menuntaskannya.
Â
Students in understanding the material fractions tend difficulties so that the level of success in this material is low. To provide solutions to these problems, researchers developed a model learning device SSCS tool aided puzzle. The purpose of this study was to analyze the creative thinking and character curiosity of students through effective learning. The results of the development of tool aided learning SSCS tool of the puzzle as follows: (1) The device developed learning valid; Syllabus with an average score of 3.82 (good); RPP with a score of 3.95 (good); LKS with a score of 4.02 (very good); Book student with a score of 3.95 (good); and KBKM test with a score of 3.78 (good); (2) Learning mathematics is declared effective, namely: 1) KBKM achieve mastery; 2) There is a positive influence on the character of curiosity and creative thinking skills mathematical against KBKM; 3) There is an average KBKM between experimental class with a grade control; and 4) There is an increase in the value of KBKM. Mathematical creative thinking abilities of all students complete, but the indicators of the authenticity of some students still lacking, so it can do further research to complete.
Â